skip to main | skip to sidebar

Monday, October 10, 2011

Seni Melukis Rokok atau Nyethé | cigarette painting

Di Jawa timur khususnya di daerah Malang, Blitar, Tulungagung, Gresik dan sekitarnya istilah cethé atau Nyethé sudah tidak asing lagi. Cethé atau Nyethé, hal tersebut tidak dapat terpisahkan dengan rokok dan kopi. "Cethé" adalah kata benda yang artinya ampas wedang kopi yang telah diendapkan dan siap untuk dioles-oleskan pada batang rokok. Sedangkan "Nyethé" adalah kegiatan mengoles-oleskan ampas wedang kopi pada batang rokok.
Adapun cara mengoles-oleskan juga beraneka ragam dan bervariasi sesuai inspirasi orangnya, ada yang dilukis dengan motif-motif batik, ada yang dilukis abstrak, tulisan atau huruf-huruf, ada yang diblock tipis, dan sebagainya.
 Rokok yang akan dipersiapkan untuk dicethé sangat bervariasi tergantung dari selera orang yang bersangkutan, ada yang seleranya jenis rokok filter kretek dan ada pula jenis rokok kretek non filter. Jenis rokok filter kretek juga sangat beraneka ragam antara lain hight tar, low tar, menthol, dan sebagainya.
ada beberapa jenis kategori hasil Rokok cethé yaitu :
  • Kategori Aroma yaitu mengutamakan bau atau aroma asap rokok setelah dinyalakan rokoknya dengan api lalu dihisap, maka akan menghasilkan aroma asap yang harum, wangi dan segar.
  • Kategori Lukis yaitu mengutamakan hasil olesan cethe pada batang rokok yang digambar, dilukis, dibentuk sesuai selera ( misal : lukis batik, lukis abstrak, lukis huruf / tulisan, dan sebagainya )
  • Kategori Rasa yaitu mengutamakan rasa rokok setelah dicethe dan dinyalakan rokoknya dengan api lalu diisap, maka akan menghasilkan rasa rokok yang lebih gurih dan nikmat.
Cara membuat atau ritual nyethe adalah sebagai beriku :

1. seduh kopi seperti biasa. pilih bubuk kopi yang halus agar hasil cethean lebih bagus.selain itu bubuk kopi yang halus juga lebih nikmat saat diminum

2. Kopi dituang ke lepek, kemudian minum kopinya sampai tersisa ampas


3. Air kopi yang masih tersisa kemudian di serap dengan menggunakan tissue. agar kadar airnya berkurang



4. Kemudian tuangkan susu kental secukupnya. Jika terlalu banyak susu adonan akan menjadi encer. Sebaiknya sedikit demi sedikit dalam menuang susu. sampai didapat tingkat kekentalan yang pas





5. Adonan siap untuk melukis



 Lukislah rokok sesuai dengan imajenasi anda. Untuk mendapatkan gambar yang bagus, selain ketelitian juga dibutuhkan kesabaran yang tinggi.





Selamat Nyethé


 

Orang Biasa, Biasa Banget Copyright © 2011 | Template created by Fajri Arjuna | Powered by Blogger