skip to main | skip to sidebar

Tuesday, April 30, 2013

10 | HAL PENTING | DALAM PENDAKIAN


10 Essentials in Trekking (10 Hal Penting dalam Pendakian)
ada hal mengenai pemilihan untuk item-item yang kritikal & harus ada didalam ransel sebagai tambahan terhadap persediaan normal, seperti persediaan pakaian, air, & makanan. Kita tidak akan menggunakan tiap-tiap item ini pada setiap perjalanan, tetapi item – item ini akan menjadi penyelamat hidup pd saat situasi darurat, bisa juga dikatakan sebagai asuransi terhadap sesuatu yang tidak diharapkan.



1. PAKAIAN EKSTRA
Berapa pakaian ekstra yang dibutuhkan? Tanyakan pada diri kita pertanyaan ini: “Apa saja yang kita butuhkan untuk survive pada kondisi yang parah, apakah kita akan realistik menghadapinya?” Ingat, pakaian ekstra berarti sebagai tambahan terhadap pakaian dasar pendakian kita, yang meliputi seluruh pakaian termasuk kaos kaki luar & dalam, sepatu boot, pakaian dalam, Celana & baju untuk jalan, sweather, atau jaket fleece, topi, sarung tangan atau Jas hujan atau rain coat. Pertimbangkan juga pakaian dalam baju yang berlengan panjang, balaclava, headaband yang berfungsi sebagai penutup kuping. Meskipun merupakan tambahan terhadap berat akan tetapi sebanding dengan faktor kehangatannya.

2. KOMPAS
Kompas merupakan peralatan yang penting untuk bernavigasi & route finding, setiap anggota kelompok pendakian seharusnya memilikinya & mengetahui cara pakainya.

3. FIRE STARTER ( PEMBUAT API)
Bahan pembuat api, Fire starter atau pembuat api mampu menyediakan suatu nyala api yang mantap atau suatu sumber panas yang keras untuk membakar kayu basah atau membuat api emergency. . Pembuat api pada umumnya meliputi lilin, bahan panas kimia, panas kalengan, magnesium, atau yang untuk digunakan di gunung yang tinggi & kompor.

4. PERSEDIAAN P3K
Karena pendakian gunung merupakan salah satu oleh raga yang beresiko Since climbing is an inherently &gerous sport it is essential that climbers carry first-aid supplies. At minimum your kit sould contain gauze pad in various sizes, roller gauze, small adhesive bkitages, butterfly bkitages, triangular bkitages, battle dressing (or Carlisle bkitages), cleansers or soap, latex gloves, and pencil and paper.

5. MAKANAN EKSTRA
Pada hampir semua pendakian, persediaan makanan darurat utuk satu hari merupakan merupakan persediaan yang layak. Pilihan makanan darurat hendaknya yang tidak memerlukan proses memasak & mempunyai energi yang tinggi berbanding kepada bobot beratnya serta tahan lama. Buah kering, GORP, granola, makanan tempur tentara, power bar serta power gel. Jika penggunaan kompor masih memungkinkan, bahan makanan yang dibekukan, Oatmeal, sup instant, & mie merupakan pilihan yang baik.

6. HEADLAMP ATAU SENTER
Tidak perduli kapanpun rencana pendakian yang akan dilakukan siang atau malam, bawalah selalu headlamp atau lampu senter dengan baterei & bohlam ekstranya. Banyak orang mengatakan headlamp lebih praktis & menyenangkan sebab kedua tangan kita bebas untuk melakukan kegiatan yang lebih penting. Ingatlah cahaya merupakan hal yang penting, jadi belilah peralatan yang berkualitas. Untuk senter yang tahan air sudah pasti akan mempunyai harga yang lebih mahal. Akan tetapi kita akan puas saat menggunakannya digunung yang basah & lembab.

7. PISAU
Pisau berguna untuk mempersiapkan makanan, P3K, reparasi, & di kasus-kasus tertentu digunakan untuk memanjat. Pisau harus mempunyai dua lipatan mata pisau ( jika salah satunya rusak), obeng kembang & obeng minus, jarum tusuk, & gunting lipat. Item lain yang bermanfaat meliputi pembuka kaleng & pembuka botol, serta penjepit. Juga selalu membantu pasangkan tali sebagai pengaman agar tidak terjatuh tanpa kita ketahui.

8. PETA
Tiap-Tiap anggota regu atau individu harus membawa peta topografis yang detail daerah yang dikunjungi. & harus membawanya dalam wadah plastik yang tahan air.

9. KOREK API
Pendaki perlu selalu membawa persediaan korek api sebagai persediaan darurat yang disimpan dalam wadah tahan air. Ini merupakan sebagai tambahan terhadap persedian lighter atau korek api yang biasa kita bawa.Bagaimanapun juga, persediaan ca&gan untuk emergency harus selalu korek api (yang tidak mempunyai kegagalan teknis) Jenis apapun korek api yang kita gunakan, harus selalu di tes kemampuan kerjanya, hindari membawa korek api yang sudah lembab.

10. SUNGLASS & SUNSCREEN
Langit yang bersih & cermelang di pegunungan membuat krim perlindungan matahari menjadi perlu ada pd setiap perjalanan. Seperti yang kita ketahui sukar untuk menghindari matahari ketika berada di atas pegunungan yang terbuka. Sinar ultralviolet di atas ketinggian pegunungan merupakan 50% lebih kuat dari pd di permungkaan laut.
 

Orang Biasa, Biasa Banget Copyright © 2011 | Template created by Fajri Arjuna | Powered by Blogger