skip to main | skip to sidebar

Tuesday, November 23, 2010

Manusia Kreatif

       Setiap manusia harus senantiasa berubah karena setiap zaman punya tantangan yang berbeda-beda. Dan ketika seseorangi melakukan hal yang sama setiap zaman tanpa adanya sebuah perubahan maka akan kalah bersaing dengan  pesaingnya dan akhirnya akan mati. Maka tidak heran ketika C.K. Prahalad berkata bahwa “if you don’t change, you die!”.
      Sebuah perubahan menuntut konsekuensi adanya orang-orang yang punya pola pikir yang beda dari biasanya. Mereka berbeda dengan orang-orang yang berpikir konstan/statis seperti golongan tua/konservatif yang ada di dalam masarakat. Mereka itulah yang sering disebut dengan orang-orang yang kreatif. Biasanya antara orang kreatif dengan orang yang “aneh/gila/tidak waras” hampir dikatakan sama karena orang kreatif berpikir peluang yang terkadang tidak terpikirkan oleh orang lain. Kadang-kadang orang kreatif bisa terjadi juga pada orang-orang yang cerdas yang mengembangkan wawasannya dengan baik.
       Mungkin muncul dibenak Anda sebuah pertanyaan, apakah orang-orang kreatif ini dapat dibentuk atau sudah ditakdirkan lahir di dunia ini? Saya menjawab bisa dibentuk. Kalau memang Tuhan telah menakdirkan lahirnya orang-orang kreatif di dunia ini, maka kita tidak akan menemukan seorang manusia jenius sekaliber Albert Einstein yang sulit berbicara sampai umurnya lima tahun, kita tidak akan menemukan orang-orang dengan berbagai kekurangannya bisa mencetak sebuah rekor dunia di dalam Guinness World Record, mereka mampu melakukan sesuatu yang luar biasa, yang mungkin dianggap manusia yang punya pola pikir konservatif tidak mungkin bisa dilakukan.
Bagaimana sebuah pola pikir kreatif dapat dibentuk?
Dari beberapa website dan buku yang saya baca, saya menyimpulkan ada empat cara terpenting bagaimana cara membentuk sebuah pola pikir kreatif.
1. Berpikir sebuah peluang
        Bagi mereka yang berpikir kreatif, mereka selalu berpandangan bahwa segala sesuatu mempunyai peluang untuk dilakukan. Mereka meyakini bahwa Tuhan selalu mengabulkan apa yang mereka inginkan ketika mereka telah memberikan kinerja terbaik mereka dalam hal kebaikan. Ketika orang lain berkata “Hal ini mungkin dilakukan, tapi sulit”, maka orang kreatif akan berkata “Hal ini sulit dilakukan, tapi mungkin”.Tidak jarang orang kreatif yang rela “mati-matian” menguras tenaga dan pikiran mereka untuk mewujudkan suatu hal yang dianggap tidak mungkin/sulit dilakukan bagi orang lain karena mereka optimis terhadap apa yang mereka lakukan.
2. Buang belenggu pola pikir konservatif
       Betapa banyak manusia yang terjebak pada kebiasaan-kebiasaan yang telah dilakukan di masa lalu. Tidak heran ketika muncul sebuah pernyataan “Kami hanya melakukan hal yang sama seperti apa yang telah dilakukan oleh pendahulu kami”. Hal ini sangat berbahaya karena orang-orang itu akan terbelenggu dengan sebuah kestatisan dan mereka akan terjebak dalam zona nyamannya. Mereka takut ketika mereka melakukan sebuah perubahan maka mereka merasa akan memasuki sebuah ketidakpastian. Mereka berani melawan main stream pemikiran-pemikiran konservatif yang telah membelenggu kebanyakan orang didalam masarakat itu. Mereka berani keluar dari zona nyaman mereka karena mereka punya keyakinan bahwa berubah atau tidak, dunia ini memang tidak pasti. Orang-orang inilah yang biasa disebut pemikir “Out of the Box”.
3. Tambah wawasan Anda
       Sebenarnya apa-apa yang dibuat manusia di dunia ini merupakan sebuah penyempurnaan dari kekurangan-kekurangan yang pernah dibuat oleh pendahulu mereka. Mereka menambah wawasan mereka dengan terus melakukan riset terhadap hal yang ingin disempurnakannya itu. Sama seperti pola pikir kreatif. Kreatif dapat dibentuk pula dengan penambahan wawasan. Tidak sedikit orang yang sukses berbisnis karena mereka terinspirasi oleh acara televisi yang mereka tonton. Tidak sedikit pula penulis buku yang mampu menulis berlembar-lembar halaman buku hanya dari sebuah peristiwa yang dia lihat. Untuk itu, tambahlah wawasan Anda untuk menambah kreativitas Anda.
4. Belajar dari Alam
        Sesungguhnya Allah telah mengajarkan kepada kita semua didalam surah  Ali Imran ayat 190 yang berbunyi sebagai berikut :
“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan pergantian malam dan siang terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berakal”
       Bumi, langit, laut telah mengajarkan kepada kita banyak hal. Penemuan pesawat terbang terinspirasi dari burung yang dapat terbang, penemuan struktur bangunan yang baik terinspirasi dari sarang rayap yang buta, penemuan robot-robot pembantu manusia yang terinspirasi dari manusia itu sendiri, penemuan hukum gravitasi pun tidak lepas dari sebuah tanda Tanya Isac Newton terhadap jatuhnya apel dari pohon dan tidak jatuhnya bulan dari langit. Maka jika Anda ingin menambah daya kreativitas Anda, maka belajarlah dari alam. Tafakurilah alam raya sempurna ciptaan Allah ini, karena tidak ada kesia-siaan ciptaan Allah di dunia ini. Kita mampu mengambil pelajaran dari apa yang telah diciptakan Allah ini agar kita bisa lebih kreatif.

                              jadi.. apakah anda termasuk orang yang kreatip?
klo saya terus terang belum :D

dikutip dari berbagai sumber

0 comments:

Post a Comment

 

Orang Biasa, Biasa Banget Copyright © 2011 | Template created by Fajri Arjuna | Powered by Blogger