skip to main | skip to sidebar

Tuesday, March 12, 2013

PESANGGRAHAN RETJO SEWU | TULUNGAGUNG

Pernah dolan ke pantai popoh?
Mampir ke pesanggrahan retjo sewu nggak?
Pesanggrahan Retjo Sewu berlokasi di Pantai Indah Popoh (PIP)Tulungagung ( 27 km arah selatan dari kota Tulungagung ) masuk wilayah Desa Besole Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung. Posisinya di selatan Pendopo Pantai Popoh Tulungagung menghadap laut bebas samudera Hindia.

Mengapa di namakan Pesanggrahan Retjo Sewu karena di Pesanggrahan tersebut berderet bangunan retjo pentung yang berjumlah 1000 buah. Pesanggrahan Retjo Sewu dibangun atas inisiator pengelola Pantai Indah Popoh yaitu Almarhum bapak Soemiran pada tahun 1993. Di area pesanggrahan tersebut terdapat sebuah bangunan yang diperutukkan khusus sebagai tempat untuk menghormat kepada penguasa laut selatan yaitu mbok Ratu Mas (Ratu Segoro Kidul). Di dinding bangunannya terdapat lukisan Nyai Ratu Segoro Kidul yang berukuran cukup besar. Tempat ini biasa dipakai untuk tirakat / menepi, nyadran bahkan di pakai tempat untuk ngalap berkah bagi orang-orang tertentu.

Terlepas dari mistis, Pesanggrahan Retjo Sewu memang pantas untuk dikunjungi sebagai tempat wisata, karena dari area Pesanggrahan ini kita dapat melihat hempasan ombak besar yang bergulung-gulung menghantam batu karang terjal.

Anda yang pingin kesana dapat menggunakan jasa angkutan umum dari terminal Tulungagung cukup Rp. 15.000 (ongkos pp + tiket masuk area PIP)




penampakan Pesanggrahan retjo sewu



 

Orang Biasa, Biasa Banget Copyright © 2011 | Template created by Fajri Arjuna | Powered by Blogger