skip to main | skip to sidebar

Thursday, October 13, 2011

OpenBTS | Apa sih itu?


Saat mudik lebaran kemarin saya bertemu kakak saya, kami saling sharing tentang ini dan itu, sampai pada bahasan mengenai teknologi, dan OpenBTS kemudian jadi topik yang menarik, kakak saya minta untuk dicarikan info tentan OpenBTS. Siapa lagi yang jadi nara sumber kalo bukan mbah Google. setelah Googling sebentar saya menemukan pengertian OpenBTS.


OpenBTS (Open Base Transceiver Station) adalah sebuah BTS GSM berbasis software, yang memungkinkan handphone GSM untuk menelepon tanpa menggunakan jaringan operator selular. OpenBTS dikenal sebagai implementasi open source pertama dari protokol standard industri GSM.
Untuk lebih jelasnya silahkan baca di sini.

Yang lebih mencengangkan lagi adalah, OpenBTS dapat di install di hh Android. Blog ini mengklaim bahwa sebuah Android CDMA dapat menjalankan fungsi BTS GSM dengan menginstall gnuradio dan openBTS yang dijalankan dengan arsitektur ARMEL, sehingga Droid tersebut dapat berfungsi sebagai BTS dan menghubungkan handset GSM ke server asterisk dan merutekan panggilannya ke jaringan PSTN melalui protokol SIP.

Meskipun saya tidak terlalu mudeng teknologi ini, tapi sepertinya bakalan ber prospek cerah.. Bayangkan.. kita bisa membuat sebuah BTS sendiri. Dengan perkiraan harga sekitar 15-30juta rupiah. Bandingkan dengan BTS milik operator seluler biasa yang mencapai milyaran rupiah. wow… milyaran wow..

Di Indonesia, proyek Open BTS ini dimulai oleh hacker budiman kita. alias Pak Onno W Purbo. Dan sejauh ini beliau sudah berhasil mengimplementasikan teknologi ini, dan melakukan riset lebih jauh untuk teknologi ini


Sayangnya, pemerintah kita belum mengijinkan operasional Open BTS ini  . Mungkin karena tekanan provider telekomunikasi yang sudah ada.
bisa dibayangkan kalau misalnya dilegalkan, Fasilitas telfon murah akan benar-benar ada bahkan gratis! HAAHH??? GRATIS????  tentu saya dan anda suka itu.
Karena GRATIS itu indah kawan..


 

Orang Biasa, Biasa Banget Copyright © 2011 | Template created by Fajri Arjuna | Powered by Blogger