skip to main | skip to sidebar

Monday, December 19, 2011

Menghindari Malware | di Android Market

sekali lagi Android market  disusupi malware – sebuah tim keamanan Trend Micro, mendeteksi malware ini dengan kode ANDROIDOS_RUFRAUD.A – masuk sebagai aplikasi resmi dan seolah-olah ditawarkan dari dalam Android market. Beberapa pengguna telah menginstal aplikasi tipuan tersebut sebelum Google menghentikan layanannya segera setalah mendapat reaksi dan respon dari pengguna yang waspada.



Tips Menghindari Malware di Android Market:


Tips pertama: Cek lah developer dibalik pembuat aplikasi yang ditawarkan
Penjahat dunia maya secara teratur selalu mengikuti aplikasi apa yang sedang populer, kemudia mereka membuat tiruannya. Misalnya malicious aplikasi untuk game terkenal Angry Birds, besutan Rovio Mobile, pernah dibuat tipuan malicious-nya dari developer Logastrod.  Untuk memastikan si pembuat aplikasi memiliki reputasi, cek lah bagaimana si developer memberikan catatan pada aplikasi yang pernah dibuat. Jika developer tersebut miskin informasi, lebih baik Anda abaikan untuk menginstal aplikasinya.

Tips Kedua: Cek rating dan review terhadap aplikasi
Pada aplikasi yang asli biasanya mendapatkan banyak rating dari beberapa reviewer di dalam Android market, sedangkan aplikasi palsu hanya memberikan kurang dari dua puluh rating.
Semakin banyak rating dan review yang diberikan, artinya Anda memasuki halaman aplikasi yang dijamin benar.

 

Orang Biasa, Biasa Banget Copyright © 2011 | Template created by Fajri Arjuna | Powered by Blogger